Selasa, 09 Agustus 2011

AUTISME

hari ini  ane mo posting tentang autis, gak tw kenapa gan,, ane tertarik banget sama cacat mental bawaan yang satu ini. nih postingan ane ketik sendiri, pake ilmu dan pengetahuan sendiri, no COPAS..ok gan, ane mulai aja....

AUTISME
autis adalah cacat mental bawaan yang penyebabnya sampai saat ini belum di ketahui dengan jelas. penderitanya memiliki perilaku repetitif, streotype, lebih senang bermain dengan benda mati namun tetapi pola permainannya kurang variatif atau "itu-itu saja", serta memiliki kesulitan dalam bersosialisasi dengan orang lain, kemampuan verbal yang buruk, bahkan menghindari kontak mata dengan orang lain, terlalu sensitif terhadap sentuhan misalnya tidak suka digendong dan sering TEMPER TANTRUM. hati- hati bila anak anda memilki perilaku seperti yang disebutkan diatas, mungkin anak anda menderita autisme dan perlu penaggulangan segera .Banyak spekulasi yang mengatakan bahwa autisme disebabkan karena keracunan logam saat masih didalam kandungan, gangguan saraf pusat ataupun faktor lain seperti gangguan sistem pencernaan atau peradangan dinding usus serta faktor genetika juga ikut berpengaruh . berikut penjelasannya CHEKIDOT.

1. keracunan logam berat
    terjadi peningkatan jumlah penderita autis di JEPANG yang menderita autis . banyak spekulasi bahwa hal ituterjadi karena saat hamil ibu si bayi memakan ikan yang didalamnya terkandung logam berat sehinnga menyebabkan kelainan NEUROTOMI( anatomi susunan saraf pusat) pada beberapa tempat di dalam otak anak. hal lain yang dianggap sebagai penyebab adanya AUTISME pada anak adalah VAKSIN yang menggunakan ETHIL MERCURY (THIMEROSAL) sebagai pengawet vaksin. namun hal ini juga belum dapat dibuktikan secara tepat. Beberapa orang tua mengatakan bahwa anak mereka terdiagnosis autis setelah mendapatkan suntikan vaksin, seperti vaksin MMR. Hal ini mungkin terjadi karena sia anak mungkin telah menderita AUSTIS sedari lahir hanya saja belum terlihat namun setelah diberi vaksin yang AUTISME anak tersebut secar tidak sengaja baru terlihat. so, jangan  hanya karena adanya  isu bahwa VAKSIN bisa menyebabkan autis kemudian anda tidak memberi vaksin pada si anak. hal ini dapat membahayakan diri mereka karena Vaksin adalah perisai bagi mereka agar tidak mudah terserang virus berbahaya.

2. gangguan saraf pusat
seharusnya di lobus VI-VII otak manusia normal banyak terdapt sel purkinje. namun jumlah sel purkinje pada otak anak autis sangat kurang jumlahnya dibandingkan denagan manusia normal. kurangnya jumlah sel purkinje mengakibatkan produksi serotonin yang mnyebabkan kacaunya proses pertukaran informasi antarbagian dalam otak. selain itu ditemukan kelainan struktur otak yang mengatur emosi pada otak autis karean itulah emosi anak autis sering tidak stabi. penemuan ini membantu para dokter untuk menaggulangi anak autis. obat yang digunakan biasanya berupa psikotropika yang bekerja langsung di sususan sayaraf pusat di otak. dengan pemberian yang teratur, anak akan menjadi lebih mudah untuk diajak bekerja sama.

3. faktor genetika
   terdapat 20 gen yang dapat menyebabkan autisme. namun AUTISME baru bisa muncul jika terjadi kombinasi dari banyak gen.

PENANGGULANGAN AUTISME
Autism is'nt curetable but TREATABLE, ini berarti autisme tidak dapat disembuhkan karena merupakan cacat bawaan namun autisme dapat ditanggulangi. Maksudnya adalah seseorang denagn autisme biasanya memiliki perilaku yang kurang sesuai denagn norma sosial atau denagn akta lain aneh, serta mereka sulit bersosialisasi dan lebih suka bermain di dunianya sendiri. NAH, prilaku mereka yang aneh ini bisa dihilangkan agar mereka dapat berperilaku sesuai dengan umur mereka yang seharusnya sehingga mereka dapat diterima di masyarakat. terapi untuk penderita autis sebaikya dilaksanakan pada umur 2-5 tahun karena pada saat itu sel otak masih bisa dirangsang untuk membentuk cabang-cabang neuron baru. terapi dapat dilakukan oleh TERAPIS hal ini membutuhkan biaya yang cukup besar serta kehati-hatian orang tua dalam memilih  terapis ataupun orang tua si anak dapat melatih anaknya jika memang memilki keterbatasan biaya namun memilki waktu untuk buah hatinya. HOME PROGRAM selain berbiaya cukup rendah, hal ini juga dapat dilaksanakan dirumah tetapi tetap orang tua membutuhkan terapis sebagai pengawas untuk memantau perkembangan anak serta memberikan orang tua materi untuk selanjutnya untuk pelatihan si anak agar AUTISME-nya dapat tertanggulangi. karena kemungkinan seorang penderita autis untuk hidup normal cukup besar tergantung berat ringannya gangguan dalan sel otak.Berikut ini beberapa jenis terapi bagi anak autis :

1. Terapi medikamentosa
    terapi ini dilakukan dengan obat-obatan yang bertujuan memperbaiki komunikasi, respon serta mneghilangkan perilaku aneh serta perilaku repetitif. dalam kasus ini obat-obatan yang digunakan adalah obat-obatan yang bekerja di otak.

2. Terapi biomedis
bertujuan untuk memperbaiki metabolisme tubuh. karean gangguan pada metabolisme dapat mempengaruhi fungsi otak.

3. terapi okupasi
   bertujuan  menguatkan perkembanagn motorik yang kurang baik antara lain gerak-geriknya yang kasar serta kurang luwes. terapi ini memperbaiki koordinasi tubuh merak dan keterampilan otot halus.

4. terapi wicara
   untuk menanggulangi kesulitan bicara dan bahasa pada anak autis.

5. terapi perilaku
    bertujuan agar anak autis dapat mengurangi perilaku tidak wajar dan agar mereka dapat diterima di lingkungan masyarakat.




sekian dulu gan mudah-mudahan bermanfaat....










Tidak ada komentar:

Posting Komentar